Source Code MS-DOS Kini Bisa Didownload Publik


Cukup mengejutkan! Hari ini Microsoft memutuskan untuk menjadikan source code MS-DOS dan Word for Windows bisa didownload oleh publik. Ini adalah pertama kalinya source code dua software bersejarah tersebut disediakan untuk publik.

Pada tahun 1980 IBM meminta Microsoft mengerjakan project dengan code-name “Chess”, yang kemudian menjadi salah satu tonggak awal perkembangan PC. Saat itu Microsoft menyediakan BASIC language interpreter untuk IBM, yang entah kenapa ternyata IBM mengubah rencana dan malah meminta Microsoft membuat sistem operasi. Karena Microsoft belum memiliki sistem operasi, maka saat itu mereka membeli lisensi OS buatan Seattle Computer Products yang kemudian menjadi dasar dari terciptanya PC-DOS dan MS-DOS.

Lalu mengikuti perkembangan dari MS-DOS, pada tahun 1983 Microsoft merilis Microsoft Word yang berbasis DOS. Hal ini berlanjut pada dibuatnya Word for Windows pada 1989 yang kemudian booming dan populer. Hanya dalam 4 tahun saja Word for Windows akhirnya berhasil menguasai lebih dari separuh pendapatan dari word-processing market. Itu adalah pencapaian yang luar biasa dari sisi engineering dan marketing.

MS-DOS yang source code nya tidak lebih dari 300KB tersebut menjadi awal mula dari perkembangan PC, Windows, dan Microsoft. Dari MS-DOS itulah Microsoft berkembang dari perusahaan yang hanya memiliki karyawan kurang dari 100 orang menjadi perusahaan raksasa seperti sekarang ini.

Windows 8 sudah laku lebih dari 200 juta lisensi dan Microsoft Office sudah digunakan oleh lebih dari 1 milyar orang. Semuanya berawal dari MS-DOS yang source code nya bisa kamu download disini:

Download MS-DOS V.1.1 dan V.2.0

Download Source Code Word for Windows


via : winpoin.com , computerhistory.org

Jangan lupa di share ya GPLovers dan GPMania !!!

Previous
Next Post »