Download Video MotoGP Round 08 Assen Belanda 2016 Full Race




Hasil MotoGP Assen 2016 di luar dugaan dimenangi oleh Jack Miller (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS) mendahului Marc Marquez yang harus puas berada di peringkat kedua. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang dominan sepanjang balapan, mengalami crash. Hujan deras yang sempat memaksa balapan dihentikan sementara, juga menjadikan Andrea Dovizioso (Ducati) sebagai korban.

Drama dalam hasil GP Belanda 2016 semakin menyamankan posisi Marc Marquez di klasemen MotoGP 2017 meski hanya meraup 20 poin. Pasalnya, bukan cuma Rossi yang DNF, Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) yang jadi pesaing terdekat Baby Alien juga hanya mampu finish di 10 besar. Sejak awal, perang sengit di sirkuit yang basah sudah tercipta.

Andrea Dovizioso yang menduduki pole, sempat mesti menyerahkan posisi puncak kepada Valentino Rossi, yang ada di urutan start kedua. Namun kedua pebalap papan atas tersebut dibuat terpana oleh performa Yonny Hernandez (Aspar) yang terbang jauh melewati mereka. Sementara itu, hujan terus membasahi trek, yang menjadi kartu mati bagi Jorge Lorenzo. Bahkan di lap ketujuh sang juara bertahan ini malah melorot ke posisi ke-18.


Di depan pertarungan sengit terus terjadi. Yonny Hernandez ternyata tidak bisa mempertahankan posisinya meski sempat berjarak lebih dari 3 detik dari Rossi dan Dovizioso. Di lap 12, sang pebalap Kolombia terpeleset jatuh. Posisi depan, bukan berarti jadi milik Rossi dan Dovi. Pasalnya, duo Pramac, Danilo Petrucci dan Scott Redding mendesak. Alhasil, empat pebalap terdepan diisi oleh tiga pebalap yang memakai mesin Desmosedici, hanya Rossi yang tidak.


Hujan yang semakin deras membuat bendera merah dikibarkan di lap 15, dalam posisi Dovizioso memimpin, diikuti Petrucci, Rossi, dan Redding. Sementara duo Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa menyusul. Jorge Lorenzo bukannya membaik, malah ada di urutan 19 alias terbuncit. Namun dengan bendera merah, maka race dihentikan sementara. Lorenzo punya kans memperbaiki waktunya ketika sisa 12 lap dimainkan.

Pasca hujan reda, ketika balapan dimulai kembali Valentino Rossi melesat jadi pemuncak, meninggalkan Andrea Dovizioso. Marc Marquez membuntuti di peringkat ketiga. Lalu terjadi hal tragis, Dovi terlempar dengan keras ke luar trek. Sementara Petrucci mengalami masalah. Jack Miller (VDS) masuk tiga besar. Rossi menyusul jatuh tiga lap setelah restart.  Jadilah perang perebutan puncak jadi milik Marquez dan Miller.

Jack Miller tak mau melewatkan momentum, ia menyalip Baby Alien ke posisi puncak. Sang pebalap Australia tidak tertahankan lagi. Ia menjadi juara di GP Assen yang penuh drama sejak lap pertama hingga akhir. Marquez, lebih fokus mengamankan 20 poin yang menjauhkannya dari kejaran Rossi dan Lorenzo di klasemen.

Download Video MotoGP Round 08 Assen Belanda 2016 Full Race
Nonton Video MotoGP Round 08 Assen Belanda 2016 Full Race

Jangan lupa di share ya GPLovers dan GPMania !!!

Previous
Next Post »